Website Aneh KumpulBlogger

Saturday, March 21, 2009

Bekal Mengikuti Ujian CPNS (part 1)

1. Seleksi CPNS biasanya diadakan pada akhir tahun (sekitar Oktober), namun demikian ada beberapa depertemen yang sudah lebih awal mengumumkan penerimaan CPNS (kasus 2008 adalah Depkeu dan Bulog).
2. Ketika mengikuti seleksi CPNS, perhatikan apakah ijazah dan nilai anda sesuai dengan formasi yang diperlukan. Program studi yang namanya mirip-mirip kadang berbeda nasibnya ketika dihadapkan pada seleksi administrasi.

3. Saat ini, hampir semua depertemen mengumumkan penerimaan CPNS via situs web masing-masing. Beberapa situs lowongan kerja sering juga mempublish ulang pengumuman tersebut. Dengan demikian, pengumuman ini sangat gencar (syarat mutlak: sesekali ngecek via internet).
4. Seleksi CPNS biasanya terdiri dari beberapa tahap, seperti seleksi administrasi, tes tulis dan wawancara. Tidak setiap departemen melakukan hal yang sama. Kadangkala, soal tes tulis tahun-tahun lalu dan tahun sekarang mempunyai pola dan konten yang sama.
5. Beberapa berkas yang biasanya diperlukan : 1) surat keterangan sehat jasmani dan rohani, 2) surat keterangan bebas narkoba, 3) surat catatan kepolisian, 4) kartu kuning dari disnaker. Poin 1 dan 2 dari RSUD, poin 3 dari Polres dan poin 4 dari Disnaker. Perhatikan bahwa KTP anda harus sesuai dengan keempat dokumen di atas.
6. Berkas lain yang diperlukan yaitu fotokopi ijazah dan transkrip nilai (sudah dilegalisir tentunya), fotokopi ijazah dan STTB SD-SMA. Tambahan keterangan : legalisir ijazah dan transkrip nilai kuliah sebaiknya ditandatangani oleh dekan.

Klik Untuk Dapatkan Jobs terbaru di emailmu

1 komentar:

Unknown said...

Kalo CPNS kok gak nerima SKL y? padahal ijasah baru keluar awal November, itu kayaknya udah tutup semua CPNSnya